Selasa, 20 Maret 2012

Tugas Dasar Pemasaran


Nama usaha :  CV. Dwi Shinta (steam mobil )
Usaha ini didirikan pada tahun 2005 oleh seorang pensiunan karyawan swasta di salah satu perusahaan ternama di Jakarta. Membuka unit usaha pencucian kendaraan mungkin sudah lama menjadi keinginan serta cita-cita beliau. Di kesempatan kali ini beliau berpikir untuk menggunakan waktu luangnya untuk menjadi seorang wirausahawan, bukan hanya selalu menjadi pegawai atau pun karyawan, karena menurut beliau menjadi seorang wirausahawan adalah selain untuk bekerja beliau juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi pencari pekerjaan yang membutuhkan.
Tepatnya  pada tanggal 22 Juli 2005 beliau meresmikan usahanya yaitu cucian steam mobil, kebetulan di daerah tersebut hanya terdapat satu usaha cucian steam yaitu milik beliau, sehingga membuat usaha cucian steam beliau ramai di kunjungi pelanggan. selain itu, letak atau lokasi cucian mobil tersebut sangat lah strategis sehingga dapat dengan mudah ditemukan oleh para pelanggan yang membutuhkan jasa cucian mobil tersebut. Hari demi hari usaha tersebut semakin meningkat pendapatan perharinya, namun selain itu terdapat pula kendala- kendala serta kekurangan maupun kelemahan dari luar maupun dari dalam perusahaan. Sebagai contoh kelemahan dari luar maupun dari dalam perusahaan adalah :
1.  Apabila musim kemarau tiba, sangatlah  jarang ada pelanggan yang membutuhkan jasa cucian mobil ini.
2.  Selain jarangnya pelanggan yang membutuhkan jasa cucian mobil ini, kurangnya pasokan air pun menjadi hal yang pasti terjadi.
3.  Akibat ramainya pelanggan yang berdatangan maka munculah para pesaing-pesaing baru serta akibat dari satu-satunya usaha tersebut di daerah itu.
Walaupun demikian usaha tersebut memiliki kekuatan serta keunggulan yang belum tentu perusahaan lain miliki, khususnya di jenis usaha cucian mobil ini, antara lain :
1. Memiliki karyawan yang profesional di bidangnya.
2. Memiliki ruang tunggu yang memadai.
3. Disediakannya fasilitas-fasilitas tambahan seperti : kantin ( warung makan atau warung kopi ).
4. Memiliki hak paten (milik sendiri).
5. Pelayanan yang memuaskan (excellent service).
6. Karena lokasinya strategis membuat pelanggan nyaman.
7. Dll.
Selain itu usaha ini memiliki peluang-peluang yang kemungkinan bisa dimanfaatkakan yaitu : apabila dalam beberapa tahun kedepan tidak ada jenis usaha yang sama di daerah tersebut maka kemungkinan besar usaha tersebut semakin berkembang dan maju pesat.
Jenis usaha ini masuk kedalam jenis usaha internal environment dimana lingkungan yang ada di perusahaan bisa dikendalikan, karena bisa dikendalikan maka dapat dimanfaatkan untuk pemasaran yaitu : memberikan harga, karyawan, menentukan jumlah produksi, menentukan jenis produksi dan menentukan lokasi.
Terima kasih kapada pihak pihak yang telah berpartipasi dalam tulisan ini, terutama pemilik usaha cucian steam CV. Dwi Shinta.
By :
-          Ali                                     ( 20211592 )
-          Berkat Kristian Zega        ( 29211191 )
-          Rainaldo Sirait                  ( 25211801 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar