Minggu, 06 Oktober 2013

Bidang Usaha yang Prospektif Saat Ini



Bidang usaha yang prospektif atau menarik saat ini menurut saya (sebagai seorang mahasiswa) adalah berbisnis dengan modal kecil dan menguntungkan. Tidak semua peluang usaha yang cocok untuk seorang mahasiswa yang biasanya sibuk dengan tugas kuliahnya. Untuk itu pilihlah pekerjaan yang tidak mengganggu kuliah. Pilihlah jenis usaha yang tidak menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mengelolanya, semacam bisnis Part time (paruh waktu) atau dengan kata lain bisnis yang bisa dikerjakan diluar waktu kuliah dan usaha tersebut tidaklah rumit untuk dijalankan atau susah untuk dikerjakan dan yang paling penting adalah dengan modal yang kecil.
Banyak diantara mahasiswa  yang menjalankan bisnis sambil kuliah karena mereka mempunyai motivasi yang sangat kuat, seperti ingin menjadi mandiri, bisa mencari duit sendiri tanpa bantuan orang tua, mampu mempunyai penghasilan sendiri untuk membiayai kuliah sendiri dan yang paling mulia adalah dapat membahagiakan kedua orang tua yang kita sayangi.

Berikut ini adalah beberapa contoh bisnis yang cocok untuk seorang mahasiswa :
1. Bisnis Online
Bisnis Online adalah peluang usaha yang cocok untuk siapa saja, contohnya seperti mahasiswa yang harus membagi waktunya untuk kuliah, seorang pekerja kantoran yang sibuk, bahkan seorang ibu rumah tangga juga dapat menjalankan usaha online tersebut. Dikarenakan Bisnis Online ini adalah pekerjaan yang cukup sedserhana karena dapat dikerjakan di dalam rumah saja, syarat utamanya adalah memiliki sebuah komputer, laptop ataupun notebook yang terkoneksi ke Inernet.

          Bisnis Online adalah usaha rumahan yang menguntungkan dari tahun ketahun. Salah satu contoh bisnis online yang paling digemarin saat ini adalah Bisnis Blog Monetizing atau menghasilkan uang melalui blog. Jadi yang kita perlukan hanyalah sebuah Blog. Untuk membuat blog tersebut bisa dengan cara gratis atau cara berbayar.

        Untuk pembuatan blog dengan cara gratis maka bisa membuatnya di www.blogger.com (layanan ini paling populer dan paling banyak penggunannya) dan yang populer kedua dipegang oleh layanan gratisan dari www.wordpress.com (sama seperti blogger fiturnya lumayan lengkap, tapi agak sulit di monitize)

        Disarankan pemula menggunakan yang gratis dahulu seperti layanan diatas, dan jika nantinya sudah berkembang, seperti artikel dan jumlah visitor atau pengunjungnya sudah banyak serta penghasilan juga sudah lumayan, tidak ada salahnya menggunakan layanan blog berbayar, yaitu dengan membeli nama domain sendiri dan hosting sendiri.

2. Jasa pengetikan
Apabila kita menyukai pekerjaan mengetik, tidak ada salahnya kita membuka jasa pengetikan. Sasarannya bisa untuk mahasiswa lainnya yang sangat sibuk dan tidak punya laptop atau perangkat komputer, atau mungkin ada teman-teman sesama mahasiswa yang malas mengetik, sehingga memerlukan jasa pengetikan.

Untuk membuka usaha jasa pengetikan ini cukup sederhana untuk dilakukan. Modal yang diperlukan hanyalah sebuah laptop atau komputer, keahlian mengetik dan yang paling penting adalah sebuah printer.

3. Les atau Kursus Privat
Kursus privat adalah salah satu peluang usaha untuk mahasiswa yang paling sederhana. Karena tidak memerlukan peralatan yang banyak dan mahal. Bahkan untuk menjalankan bisnis les privat ini bisa dilakukan tanpa modal. Yang diperlukan hanyalah keahlian khusus saja. Misalnya kita ingin mengadakan les privat pada pelajaran bahasa inggris untuk anak SD dan SMP. Maka kita harus memiliki keahlian bahasa inggris. 

4. Bisnis Sesuai Hobi
          Bisnis lainnya adalah yang sesuai dengan hobi atau jurusan. Misalnya Jurusan atau hobi tentang desain grafis dan seni. Seorang mahasiswa desain grafis atau yang memiliki hobi mendesain grafis, maka bisa membuka bisnis yang berhubungan dengan desain. Misalnya saja membuka usaha cetak foto, atau juga dapat membuka usaha jasa edit foto dengan efek photoshop, dan juga dapat membuka usaha pembuatan website, pembuatan desain kartu namadesain spanduk, pembuatan desain logo dan cutting sticker atau yang sedang digandrungi anak muda saat ini adalah pembuatan desain kaos distro.

5. Menjadi Teknisi Elektronik
Mempunyai hobi memperbaiki barang elektronik, ini juga bisa dijadikan lahan bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan, sebagaimana kita ketahui Barang elektronik khususnya komputer atau Laptop, printer, monitor LCD, Televisi dan ponsel menjadi barang wajib disetiap rumah, artinya banyak yang memilikinya. Sebagaimana kita ketahui, yang namanya buatan manusia pastinya akan rusak dan kalau sudah rusak, yang akhirnya yang dicari adalah seorang yang ahli dibidang teknisi (service) dan ini merupakan suatu peluang untuk mendapat penghasilan tambahan.

6. Usaha Percetakan Digital
Hampir setiap hari pastinya kita melihat beraneka ragam barang cetakan. Dirumah, dijalan, ditempat kerja, dipasar, dipertokoan atau pun disekolah, dan dikampus pastilah kita selalu menemukannya. Barang-barang hasil cetakkan seperti spanduk, kemasan produk makanan ringan, papan reklame, kartu nama, kartu undangan, banner dan lainnya itu merupakan suatu peluang usaha percetakan digital yang menggiyurkan.

Demikianlah beberapa contoh bidang usaha yang prospektif atau menarik saat ini apabila dilihat dari status saya sebagai seorang mahasiswa.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar