Senin, 27 Januari 2014

Masyarakat Masih Belum Mengetahui BPJS


Sebagian besar masyarakat belum mengetahui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial(BPJS) apa dan fungsinya? Dari pantauan delapan6.com di Rumah Sakit (RS) Budi Asih, Jakarta Timur, menemukan sejumlah pasien pengguna kartu Kartu Jakarta Sehat (KJS) belum mengetahui fungsi dan kegunaan BPJS.
Heru (40), keluarga pasien yang ditemui saat mengantri obet di RS Budi Asih menuturkan, belum mengetahui tentang BPJS. “Saya belum tahu apa BPJS, tadi saat proses pendaftaran biasanya saya lampirkan surat foto copy Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan surat rujukan dari Puskesmas saja, tapi setelah selesai saya diberi formulir berwarna kuning yang tertera BPJS. Sebelumnya tidak pernah dapat selama saya menggunakan KJS,” ujar Heru saat ditemui delapan6.com di RS Budi Asih, Jakarta Timur, Jumat (03/01).
Lanjut warga asal Bambu Apus, Cipayung ini mengatakan, proses pendaftaran masih sama dan tidak dibebankan biaya. “Buat Saya yang penting jangan ada biaya, kalau mau dirubah jadi BPJS tidak apa-apa,” tukasnya. Senada dengan Heru, Vera(37) pasien yang tinggal di Cawang mengatakan, bila KJS akan diganti BPJS tidak apa-apa, yang penting prosesnya lebih mudah dan tidak dikenakan biaya.
Sementara itu, Monang Sirait, Kabag Humas RS Budi Asih menuturkan, pengguna KJS ataupun BPJS sama saja, hanya saja yang berbeda hanya penanggungjawabnya. “Dulu kan ada pengguna KJS, Askes atau Jamsosotek, sekarang sudah digantikan BPJS. Sebenarnya sama hanya penanggungjawabnya saja yang berbeda,” ujarnya.
Lanjut Monang, sejak diberlakukan 1 Januari 2014 kartu BPJS belum dikeluarkan. “Keluhan pada pasien tidak ada, hanya beberapa pasien belum mengetahui BPJS. Sebenarnya kalau pasien pengguna KJS pada pelayanan kesehatan tidak dibebankan biaya saja, untuk pengantian KJS menjadi BPJS tidak mereka pusingkan,”tukasnya.
Sumber : delapan6.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar